Selasa, 31 Agustus 2010

Menara Tertinggi di Dunia


Pertarungan perebutan lambang supremasi gedung tertinggi di dunia terus berlanjut. Arab Saudi sebagai negara kaya minyak adalah calon pemecah rekor ini dalam beberapa tahun lagi.

Rencana pembangunan-menara tinggi satu setengah kilometer di padang pasir Arab Saudi saat ini sudah dicanangkan oleh miliarder pemilik London Savoy Hotel.

Proyek bernilai 5 miliar euro ini, didalangi oleh dua konsultan rekayasa Inggris yang rencananya akan dua kali lebih tinggi gedung tertinggi saat ini alias sebagai pesaing utama pencakar langit di Dubai.

Gedung ini sedang direncanakan untuk menghiasi sebuah kota baru di dekat pelabuhan Laut Merah Jeddah. Tak ada satu pun gedung pencakar langit lain yang saat ini dalam proses pembangunan, termasuk New York’s Freedom Tower di lokasi World Trade Centre, akan melebihi 2.296 ft. Pangeran Kerajaan di Riyadh telah menjalankan joint venture berbasis perusahaan Holdings dengan perusahaan London Hyder Consulting dan dan kontstruktor raksasa Arup demi mewujudkan impian ini.

Menara dengan ketinggian tersebut artinya harus mampu bertahan terhadap berbagai temperatur, dengan puncak panggang di padang gurun yang membakar pada siang hari dan juga cuaca hingga di bawah titik beku pada malam hari. Untuk menahan terjangan angin kencang yang biasa terjadi di wilayah itu agar tidak bergoyang maka akan dilengkapi dengan sebuah komputer raksasa yang dioperasikan damper. Dua menara kecil akan dibangun di kedua sisi menara utama agar menjadi jangkar dan bertindak sebagai penstabil.

sumber : nustaffsite.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar